Ciri Fisik Wanita Mandul Sejak Remaja Sebelum Menikah

  • Whatsapp

Ketidaksuburan seseorang baru bisa diketahui setelah menikah dan mengusahakan untuk punya anak selama satu tahun. Baik pria dan wanita mempunyai resiko yang sama menjadi faktor ketidaksuburan. Namun faktanya, ketika pasutri tidak segera punya anak yang disalahkan adalah sang istri.

Bahkan ada sebagian orang yang berusaha mengenali ciri fisik wanita mandul sejak remaja atau sebelum menikah. Apakah benar kesuburan bisa diketahui dengan melihat ciri fisiknya ? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

adakah ciri wanita mandul secara fisik ?

Ciri Wanita tidak Subur Itu Apa Saja?

Sangat penting untuk Anda ketahui bahwa sebenarnya ciri ciri wanita tidak subur itu tidak bisa dilihat secara fisik. Kesuburan seseorang bisa diketahui dengan melakukan serangkaian tes yang dilakukan dokter dan orang yang ahli di bidangnya.

Namun demikian, memang ada gejala yang dirasakan seorang wanita untuk mendeteksi ketidaksuburan dalam dirinya. Ciri ketidaksuburan tersebut apa saja ? antara lain adalah sebagai berikut :

1. Siklus menstruasi tidak teratur

siklus haid tidak lancar bisa jadi sebagai ciri tidak subur

Menstruasi tidak teratur merupakan salah satu ciri wanita tidak subur. Siklus menstruasi normal adalah 28 hari hingga 35 hari. Namun demikian, setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda.

Apabila siklus haid Anda tidak teratur, bisa jadi hal itu disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. Hormon tidak seimbang ini bisa menyebabkan sindrom ovarium polikistik (PCOS).

PCOS itu sendiri adalah suatu kondisi dimana folikel di ovarium tidak dapat berkembang menjadi folikel matang untuk melepaskan telur. Kondisi ini bisa membuat susah hamil.

2. Menstruasi sakit sekali

Haid yang disertai sakit tak tertahankan bisa jadi sebagai ciri wanita tidak subur. Walaupun tidak selamanya sebagai tanda tidak subur, namun dalam beberapa kasus, kondisi ini sering dikaitkan dengan ketidaksuburan atau endometriosis.

Endometriosis itu terjadi ketika ada jaringan (endometrium) tumbuh di luar rahim. Jaringan yang tumbuh di luar rahim ini akhirnya mencegah $perma yang akan berenang menuju sel telur.

3. Berat badan tiba-tiba turun atau naik

berat badan berpengaruh pada kesuburan

Ketika berat badan mengalami penurunan atau peningkatan secara tiba-tiba tanpa ada alasan yang jelas, bisa jadi hal itu disebabkan karena masalah kesuburan. Beberapa kasus menunjukkan bahwa kondisi ini disebabkan oleh PCOS (sindrom ovarium polikistik).

PCOS bisa mempengaruhi ketidakseimbangan hormon sehingga mempengaruhi berat badan, yakni berat badan bisa turun atau naik secara tiba-tiba.

Cara Tepat Mengetahui Wanita Mandul Atau Tidak Subur Adalah dengan Periksa ke Dokter

periksa kesuburan ke dokter terdekat

Satu-satunya cara yang paling efektif untuk mengetahui kesuburan seseorang adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter. Kemungkinan dokter akan menanyakan kepada Anda tentang riwayat penyakit serta melakukan segenap tes seperti :

Tes infertilitas

Untuk membantu mengetahui sekaligus menangani masalah kesuburan, mungkin dokter akan melakukan serangkaian tes, diantaranya adalah tes darah dan melakukan biopsi endometrium .

Histerosalpingografi (HSG)

Salah satu cara medis untuk mengetahui ketidaksuburan wanita adalah dengan prosedur histerosalpingograf. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan alat USG pada organ reproduksi. Melalui segenap pemeriksaan, dokter dapat mengetahui apakah Anda mandul atau subur.

Laparoskopi

Pemeriksaan ini dilakukan dengan menggunakan tabung kecil yang dilengkapi dengan kamera kemudian dimasukkan ke dalam perut guna melihat bagian luar rahim, saluran tuba dan ovarium.

Demikian ulasan tentang ciri fisik wanita mandul sejak remaja. Semoga informasi ini bermanfaat.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *