Cara Tepat Atasi Rambut Rontok Pada Ibu Hamil

  • Whatsapp

Cara mengatasi rambut rontok pada ibu hamil – Salah satu keluhan yang banyak disampaikan oleh ibu hamil adalah rambut rontok yang kian hari semakin menjadi jadi, padahal sebelum hamil rambut sehat dan tidak pernah rontok. Kerontokan rambut saat hamil akan menjadi lebih parah ketika kehamilan telah masuk pada usia kehamilan trimester ketiga.

Ada yang bilang, rambut rontok saat hamil hanyalah mitos belaka, tapi ada juga yang mengatakan kalau rambut rontok saat hamil adalah fakta yang dibenarkan oleh beberapa penelitian. Untuk lebih jelasnya silakan baca dulu artikel berjudul fakta rambut rontok saat hamil.

Apabila Anda mengalami kerontokan rambut saat hamil, sebaiknya jangan panik karena pikiran panik atau stress justru dapat menyebabkan dampak buruk pada kehamilan. Perlu Anda ketahui bahwa salah satu pemicu rambut rontok saat hamil adalah perubahan hormonal yang umum terjadi pada setiap wanita hamil.

cara-tepat-atasi-rambut-rontok-pada-ibu-hamil
image from pixabay

Rambut Rontok Pada Ibu Hamil

Salah satu cara tepat untuk mengatasi rambut rontok saat hamil adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat ibu hamil karena kerontokan rambut ini biasanya terjadi karena perubahan hormonal ibu hamil yang mempengaruhi kesuburan rambut.

Rambut lebat dan kuat adalah harapan setiap kaum hawa, tak terkecuali ibu hamil. Ketika seorang wanita sedang menjalani kehamilan, beberapa keluhan akan terus berdatangan silih berganti, salah satunya adalah kerontokan rambut. Penyebab rambut rontok perlu Anda ketahui sebelum berusaha untuk menerapkan cara tepat atasi rambut rontok pada ibu hamil. untuk itu, silakan baca terlebih dahulu penyebab ibu hamil rambut rontok.

Rambut rontok memang tidak termasuk keluhan kehamilan yang dapat membahayakan keselamatan janin, namun jika dibiarkan tanpa mendapatkan perawatan bisa jadi rambut semakin banyak yang rontok dan akhirnya terjadi kebotakan. Hal ini tentu sangat tidak diharapkan oleh ibu hamil.

Cara Mengatasi Rambut Rontok Pada Ibu Hamil

Untuk .kerontokan rambut, Anda harus benar benar selektif dalam memilih cara perawatan rambut. Kenapa demikian ? karena perawatan rambut yang dilakukan dengan beberapa bahan tertentu dapat mengancam jiwa si jabang bayi.

Untuk memastikan apakah perawatan rambut yang Anda alami aman bagi kehamilan, silakan konsultasi ke bidan atau dokter. Dengan demikian, hati akan merasa nyaman dalam melakukan perawatan rambut tanpa dihantui perasaan yang tidak tidak.

Sebagai tambahan informasi, di sini akan kami sampaikan beberapa cara aman untuk mengatasi rambut rontok pada ibu hamil. Silakan simak ulasannya hingga akhir..

1. Gunakan sampo yang tepat agar rambut tak mudah rontok

Langkah awal yang harus Anda lakukan agar rambut tak gambang rontok adalah memilih sampo yang cocok dengan kondisi rambut anda. Harga mahal bukan sebuah ukuran cocok dan tidaknya sampo bagi rambut anda. Meski harganya mahal tapi kalau tak cocok dengan karakteristik rambut justru dapat memperparah kerontokan rambut.

2. Jangan mengikat rambut dengan kuat

Mengurai rambut terkadang membuat aktivitas terganggu, sehingga banyak wanita yang memilih untuk mengucir ambut agar segala aktivitas bisa dilakukan dengan nyaman tanpa terganggu oleh rambut yang tergerai. Apalagi kalau Anda adalah wanita berhijab, mengucir rambut biasanya lebih banyak dipilih.

Perlu Anda ketahui bahwa mengucir rambut terlalu kuat itu dapat menjadikan rambut gampang rontok, makan untuk mencegah kerontokan rambut saat hamil sebaiknya hindari kebiasaan mengikat rambut dengan kuat.

3. Konsumsi buah dan sayur

Buah segar dan sayuran adalah jenis makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kesuburan rambut, terutama buah dan sayur yang banyak mengandung antioksidan dan flavonoid. Buah dan sayur yang mengandung flavonoid berkhasiat untuk menyuburkan pertumbuhan rambut dan melindungi rambut dari kerapuhan.

4. Gunakan sisir bergigi renggang

Sudah menjadi kebiasaan umum sehabis mandi lalu sisiran karena di saat itu mudah disisir. Fakta menunjukkan bahwa sisiran saat kondisi rambut basah dapat mengakibatkan rambut rontok semakin banyak. Untuk itu, ibu hamil yang ingin sisiran saat rambut masih basah sebaiknya menggunakan sisir bergigi renggang agar kerontokan rambut tidak terlalu banyak.

5. Konsultasi  ke dokter

Apabila kerontokan rambut yang Anda alami terlalu parah dan kian hari semakin parah meski sudah menggunakan berbagai macam cara untuk mengatasinya, silakan langsung konsultasi ke dokter guna mendapatkan saran terbaik serta perawatan rambut yang paling tepat. Bila diperlukan, Dokter akan memberikan suplemen vitamin yang dapat membantu menyuburkan rambut.

Demikian ulasan terkait cara tepat atasi rambut rontok pada ibu hamil yang dapat kami tulis. Semoga informasi sederhana ini dapat memberikan banyak manfaat bagi pembaca. Salam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *