5 Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil, PENTING!

  • Whatsapp
cara menjaga kesehatan ibu hamil
Gambar ilustrasi (sumber : pexels.com)

Bagaimana cara menjaga kesehatan ibu hamil itu? Memang kehamilan perlu dirawat dengan sungguh-sungguh. Tanpa perawatan, janin dalam kandungan tidak dapat berkembang dengan baik.

Bahkan, kalau ibu hamil tidak mau tahu atas kehamilannya, resiko keguguran akan semakin tinggi. Belum lagi kalau pikiran stress, berbagai macam masalah kehamilan datang silih berganti.

Muat Lebih

Lantas, apa saja yang harus dilakukan oleh wanita hamil untuk mendapatkan kehamilan yang sehat dan normal? Silakan simak ulasan berikut ini!

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil?

Selain mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan penyebab keguguran, ibu hamil harus melakukan beberapa hal yang menunjang kesehatan kehamilannya.

Berikut ini adalah 5 cara menjaga kesehatan ibu hamil yang wajib Anda ketahui secara jelas :

1.Menjaga kebersihan badan

Untuk menjaga kebersihan badan, ibu hamil dianjurkan mandi sehari dua kali pakai sabun. Gosok gigi sehari minimal dua kali, setelah sarapan dan sebelum tidur.

Mandi secara teratur bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit serta mencegah sakit kulit. Sementara gosok gigi, bertujuan untuk mencegah sakit gigi dan gusi.

2. Istirahat cukup

Pada siang hari, paling tidak ibu hamil tidur siang selama satu jam. Aktivitas berat sebaiknya dihindari untuk menghindari berbagai macam masalah kesehatan.

Istirahat cukup bermanfaat untuk memulihkan tenaga ibu hamil. Maka dari itu, Luangkan waktu untuk tidur siang minimal satu jam dan tidur malam paling tidak delapan jam.

3. Ibu hamil boleh bercinta

Pada dasarnya, bercinta pada saat hamil itu boleh asalkan dilakukan dengan cara yang benar dan tidak banyak melakukan gerakan yang menekan bagian perut.

Namun demikian, silakan tanyakan ke dokter atau bidan untuk memastikan bahwa kondisi Anda aman untuk bercinta dengan pasangan. Tak perlu malu untuk menanyakan hal ini.

4. Jangan merokok

Salah satu cara menjaga kesehatan ibu hamil adalah dengan tidak merokok. Merokok tidak hanya membahayakan kesehatan janin, tapi juga memberikan dampak buruk pada ibu.

Ibu hamil juga harus menjauhi asap rokok, jangan menjadi perokok pasif. Kenapa demikian? karena perokok aktif dan perokok pasif dampaknya sama saja.

Selain merokok, ibu hamil juga harus meninggalkan kebiasaan minum minuman keras, narkoba, jamu dan obat-obatan yang bisa mengganggu tumbuh kembang janin.

5. Ikuti petunjuk dokter

Silakan minum obat sesuai dengan anjuran dokter seperti tablet tambah darah dan obat-obatan lainnya. Jangan pernah minum obat tanpa resep dari dokter.

Apabila Anda berada di daerah malaria, sebaiknya tidur dengan menggunakan kelambu. Langkah ini lebih aman untuk menghindari gigitan nyamuk penyebab malaria.

Demikian ulasan tentang tips menjaga kesehatan ibu hamil agar kehamilan berjalan lancar. Semoga penjelasan singkat ini banyak manfaatnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *