Cara Mengeluarkan Lendir di Hidung Bayi Dengan Mudah

  • Whatsapp

Cara mengeluarkan lendir di hidung bayi terbilang gampang-gampang susah. Gampang bagi yang sudah tahu caranya tapi sulit bagi yang tidak tahu caranya.

Hidung tersumbat pada bayi bisanya disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang belum bagus sehingga bayi rentan terserang penyakit flu. Bahkan, bayi bisa terkena penyakit flu 4 hingga 10 kali dalam setahun pertama.

Penularan virus penyebab flu bisa melalui orang di sekitar dan mainan yang telah terkontaminasi. Udara yang dingin membuat lendir di hidung bayi semakin banyak yang akhirnya hidung jadi mampet.

Cara Mengeluarkan Lendir di Hidung Bayi
Ilustrasi (sumber : pxhere.com)

Hidung Bayi Mampet, Begini Cara Mengeluarkan Lendir di Hidungnya

Ketika si kecil terkena penyakit flu, hal yang membuat hati orang tua takut adalah gangguan pernapasan bayi yang kadang menimbulkan suara mengi.

Untuk itu, ingus bayi perlu segera dibersihkan dengan benar karena selain mengganggu sistem pernapasan, hidung mampet juga dapat menurunkan nafsu makan bayi.

Berikut adalah cara tepat mengeluarkan ingus bayi di hidung saat sedang flu atau pilek :

1. Pakai obat saline

Saline atau yang sering disebut dengan nasal spray adalah bat semprot hidung yang aman digunakan untuk bayi dan anak-anak. Obat ini bisa digunakan untuk mengurangi produksi ingus bayi yang menyumbat hidung.

Agar bayi tidak menangis berteriak-teriak, silakan berikan obat ini dengan posisi si kecil berbaring, tegakkan kepalanya sedikit lalu semprot 2 hingga 3 kali pada lubang hidungnya.

2. Bersihkan ingus bayi

Ingus yang keluar dari dalam hidung biasanya menempel di area hidung. Jika dibiarkan tanpa dibersihkan maka bayi akan semakin sulit untuk bernapas.

Untuk itu, bersihkan ingus yang menempel di area hidung dengan menggunakan kapas atau tisu yang dibasahi dengan air hangat. Cara ini bisa menjadikan ingus yang keras menjadi lunak sehingga mudah untuk dibersihkan.

3. Coba tepuk lembut punggung bayi

Bayi yang hidungnya mampet biasanya suka nangis dan rewel. Coba buat si kecil nyaman dengan menepuk punggungnya secara perlahan dan lembut. Dengan cara ini, bayi akan merasa tenang dan tidak rewel lagi.

4. Atur posisi tidur bayi yang baik

Silakan atur posisi tidur bayi yang hidungnya tersumbat dengan cara meninggikan bagian kepala.  Posisi tidur kepala ditinggikan membuat anak lebih mudah bernapas dan membuat lendir tidak menggumpal di dalam hidung.

Selain mengatur posisi tidur, jangan lupa untuk memberikan asupan cairan yang cukup kepada si kecil agar ingus tidak menyumbat pernapasannya.

5. Nyalakan humidifier

Humidifier atau mesin pelembab udara bisa untuk membantu mengatasi masalah ingus di hidung bayi. Dengan alat ini, udara di ruangan menjadi lembab dan hangat sehingga lendir di hidung tidak mengeras dan mengganggu pernapasan.

6. Pakai nasal aspirator khusus bayi

Cara ini sangat aman dilakukan untuk mengeluarkan ingus yang mengganggu pernapasan bayi. Jangan pernah memencet hidung bayi sebagaimana yang dilakukan orang dewasa karena hidung bayi masih sangat sensitif.

Dengan memencet hidung justru ingus bisa masuk ke bagian sinus yang ada di sebelah kanan dan kiri hidung. Hal ini malah bisa membuat bayi terkena masalah sinusitis.

Nasal aspirator khusus bayi bisa digunakan untuk menyedot lendir di hidung bayi dengan nyaman dan aman karena kekuatan sedot sudah diatur sedemikian rupa sehingga pas dipakai untuk si kecil.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan artikel ini agar orang lain tahu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *