Buah Sawo untuk Ibu Hamil, Bermanfaat atau Berbahaya ?

  • Whatsapp

Sebenarnya buah sawo untuk ibu hamil itu bermanfaat atau berbahaya sih ? Terkadang hati kita masih meragukan hal itu karena adanya beberapa informasi yang menyebutkan bahaya buah sawo terutama bagi ibu hamil. Untuk mengobati keraguan itu, bunda perlu membaca penjelasan yang kami tulis pada artikel ini hingga selesai.

Perlu kami sampaikan bahwa aneka macam buah buahan segar sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk mensuply kebutuhan nutrisi selama hamil. Buah segar dan sayuran hijau umumnya mengandung banyak manfaat bagi ibu  hamil meskipun ada beberapa jenis buah yang perlu dihindari. Untuk itu, sebelum Anda lanjut membaca artikel ini ada baiknya Anda baca dulu buah yang baik dikonsumsi ibu hamil.

Buah sawo adalah buah yang cukup digemari oleh masyarakat karena rasanya manis dan lezat. Rasa manis buah sawo itulah yang membuat sebagian dari ibu hamil ingin tetap menikmatinya. Namun hati masih ragu mengenai boleh dan tidaknya buah sawo untuk ibu hamil.

buah-sawo-untuk-ibu-hamil
image from pixabay

Buah Sawo untuk Ibu Hamil

Untuk menghilangkan keraguan di dalam hati, perlu kami sampaikan bahwa buah sawo itu mempunyai kandungan nutrisi yang cukup banyak, diantaranya vitamin, karbohidrat, kalsium, fospor,protein, magnesium dan lainnya. Kesemua zat itu sangat dibutuhkan oleh manusia tak terkecuali ibu hamil sehingga mengkonsumsi sawo saat hamil itu boleh, justru banyak manfaatnya.

Manfaat Sawo untuk Ibu Hamil

Oleh karena mengandung banyak nutrisi bermanfaat, buah sawo merupakan salah satu jenis buah yang cocok dikonsumsi selama kehamilan. Namun demikian, ibu hamil tidak dianjurkan makan buah sawo terlalu banyak apalagi kalau mempunyai keluhan penyakit tertentu. Konsumsi sawo dalam jumlah wajar dapat menyumbangkan beberapa manfaat sebagaimana penjelasan berikut ini:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah sawo termasuk buah yang mempunyai kandungan vitamin C cukup tinggi sehingga buah ini berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. Konsumsi buah sawo dalam jumlah wajar secara rutin dan teratur dapat mencegah berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan ibu hamil.

2. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam buah sawo sangat besar manfaatnya untuk mencegah dan mengatasi sembelit (susah BAB). Sebagaimana kita tahu bahwa ibu hamil sering kali mengeluhkan susah BAB atau sembelit selama  masa kehamilan berlangsung. Untuk itu diperlukan makanan berserat tinggi untuk mengatasi keluhan itu.

3. Meringankan morning sickness

Buah sawo untuk ibu hamil mampu menyumbangkan manfaat besar dalam meringankan dan mengatasi mual muntah (morning sickness). Hal itu disebabkan karena buah sawo mempunyai kandungan vitamin B cukup banyak. Sebenarnya mual dan muntah itu wajar dialami oleh ibu hamil muda namun jika terlalu berat dirasakan dan tak segera diatasi maka bisa menyebabkan keluhan kehamilan yang lebih serius. Selain dengan mengkonsumsi buah sawo, morning sickness bisa diredakan dengan menerapkan cara mengatasi mual saat hamil muda

4. Mengatasi letih lelah akibat anemia

Anemia atau kurang darah saat hamil akan menimbulkan efek yang kurang enak. Letih, lelah dan sering pingsan sering kali terjadi apabila ibu hamil menderita anemia. Adapun langkah tepat untuk mengatasi keluhan ini adalah mengkonsumsi  makanan yang banyak mengandung zat besi, salah satunya adalah buah sawo.

5. Sebagai sumber energi

Kandungan karbohidrat pada buah sawo mampu menyumbangkan manfaat luar biasa untuk ibu hamil, yaitu sebagai sumber energi alami yang menyehatkan. Dengan mengkonsumsi buah sawo, energi bunda akan terjaga dengan baik sehingga tubuh tetap terasa bugar dan segar meski habis melakukan aktivitas. Manfaat sawo memang banyak, namun jangan mengkonsumsi dalam jumlah terlalu banyak. Dan jika Anda menderita penyakit tertentu yang perlu menghindari buah sawo, hendaknya jangan nekad mengkonsumsinya. Untuk lebih jelasnya silakan konsultasikan kesehatan Anda ke dokter terdekat.

Buah sawo untuk ibu hamil memang banyak manfaatnya, namun jangan berlebihan karena sebaik apapun makanan yang kita konsumsi kalau dimakan dalam jumlah berlebihan justru dapat menimbulkan efek kurang bagus.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *