Buah Paling Baik Dimakan Ibu Hamil Saat Sahur dan Buka Puasa

  • Whatsapp

Buah yang bagus untuk ibu hamil saat buka dan sahur – Untuk menjaga kesehatan tubuh dan kehamilan, Anda perlu menjaga asupan makanan. Menahan lapar dan haus selama setengah hari membuat Anda rentan terhadap masalah kesehatan, mulai dari kulit kering, dehidrasi, sakit kepala, sembelit (susah BAB), kram perut dan lainnya.

Salah satu langkah tepat untuk menjaga kesehatan selama bulan ramadan adalah mengkonsumsi buah segar saat buka dan sahur. Namun, Anda tak boleh sembarangan memilih buah karena ada beberapa bah-buahan yang kurang baik untuk wanita mengandung.

Kurma adalah salah satu dari sekian banyak buah yang dianjurkan untuk ibu hamil saat berpuasa karena mengandung nutrisi yang cukup banyak. Silakan baca manfaat kurma untuk ibu hamil dan janin.

buah-yang-aman-untuk-ibu-hamil-saat-buka-dan-sahur
(foto : pixabay.com)

Buah yang Baik untuk Sahur dan Buka Puasa Ibu Hamil

Selain buah kurma, masih ada buah-buahan lain yang dianjurkan bagi ibu hamil untuk menu buka puasa. Di bawah ini adalah beberapa buah yang bagus untuk menu buka dan sahur ibu hamil :

1. Buah semangka

Semangka tergolog buah yang bagus untuk buka dan sahur ibu hamil. Kandungan air yang cukup tinggi dapat membantu mencukupi kebutuhan cairan ibu hamil serta dapat mencegah kulit kering.

Semangka juga mengandung likopen dan antioksidan yang berkhasiat untuk mengantisipasi serangan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin C dan vitamin A yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh wanita hamil.

Tak hanya itu, semangka juga mengandung ginine dan citruline yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung manusia. Arginine berkhasiat untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi lemak jahat yang memicu serangan jantung.

2. Buah stroberi

Stroberi juga termasuk buah yang agus untuk ibu hamil saat puasa karena banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh wanita mengandung. Stroberi mengandung air hingga 91% sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Stroberi juga mengandung vitamin C yang dapat menjaga stamina ibu hamil, menjaga kesehatan kulit, mencehag hipertensi dan serangan jantung.

Selain itu, stroberi juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan fungsi otak ibu hamil kekurangan asupan nutrisi saat sedang berpuasa. Untuk mendapatkan manfaat luar biasa dari buah stroberi, silakan konsumsi saat makan sahur dan buka puasa.

3. Buah kiwi

Buah kiwi adalah salah satu buah yang cocok dikonsumsi oleh wanita hamil saat buka dan sahur karena banyak mengandung serat dan vitamin C. Kandungan serat pada buah kiwi lebih banyak daripada buah pisang sehingga makan buah kiwi dapat membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi sembelit (susah BAB). Silakan baca cara mengatasi susah BAB pada ibu hamil.

Buah kiwi juga mengandung vitamin C yang salah satu manfaatnya adalah membantu mengolah lemak tubuh menjadi energi. Dengan demikian, makan buah kiwi saat buka dan sahur dapat membantu ibu hamil untuk tetap berenergi.

4. Buah jeruk

Jeruk juga termasuk buah yang baik untuk ibu hamil.. Selain murah dan mudah diperoleh, buah jeruk juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh wanita mengandung.

Kandungan asam folat, tembaga, vitamin A dan vitamin C pada buah jeruk sangat berperan untuk membantu meningkatkan sistem imunitas. Jika ibu hamil rajin konsumsi buah jeruk diharapkan berbagai macam keluhan seperti flu dan pilek tidak mudah datang. Selain itu, jeruk juga dapat membantu mengatasi sembelit karena mengandung flavonol naringenin.

5. Buah alpukat

Buah yang satu ini memiliki kandungan protein dan lemak sehat yang cukup banyak. Ada banyak manfaat yang bisa didapat oleh ibu hamil dengan mengkonsumsi buah alpukat. Informasi lebih lengkap silakan baca manfaat alpukat untuk ibu hamil.

Demikian ulasan terkait buah yang baik dimakan oleh ibu hamil saat sahur dan buka puasa. Semoga penjelasan singkat ini dapat menambah wawasan kita dalam merawat kehamilan. Salam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *