Buah Apa Saja yang Baik Untuk Ibu Hamil?

  • Whatsapp
buah apa saja yang baik untuk ibu hamil
Buah strawberi memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik untuk ibu hamil (foto : pixabay)

Buah apa saja yang baik untuk ibu hamil? Semua orang telah mengetahui bahwa ibu hamil sangat memerlukan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

Namun demikian, masih banyak ibu hamil yang belum tahu mengenai buah yang baik untuk dikonsumsinya. Nyatanya, masih banyak orang yang mengetikkan kata kunci “buah yang baik untuk ibu hamil” dalam mesin pencari google.

Muat Lebih

Melihat kenyataan ini, TandaLagiHamil.com akan menyampaikan informasi tentang buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil, sehingga memudahkan ibu hamil dalam mencari informasi tersebut.

Beberapa buah yang kami tulis dibawah ini hanyalah sebagian saja. Sebenarnya masih banyak buah lain yang baik untuk ibu hamil.

Buah apa saja yang baik untuk ibu hamil itu?

Berikut ini adalah beberapa buah yang kaya manfaat bagi ibu hamil, yaitu untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil itu sendiri serta kesehatan dan dan tumbuh kembang bayi :

Buah Naga

Buah naga adalah salah satu buah yang dihasilkan oleh tanaman jenis kaktus dengan warna merah dan rasa begitu manis. Buah naga sangat bagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga berguna untuk menolak ancaman berbagai macam penyakit.

Buah naga dibudidayakan secara alami tanpa menggunakan  pestisida sehingga buah ini tidak mengandung racun atau zat yang membahayakan tubuh.

Selain bisa mencegah serangan penyakit, buah naga juga mampu meredakan batuk serta mencairkan dan mengeluarkan dahak. Buah naga bisa dikonsumsi secara langsung atau dijus sesuai dengan selera. (baca : jus buah yang baik untuk ibu hamil)

Buah Apel

Buah apel adalah buah yang mudah didapat dengan harga relatif murah namun kaya akan manfaat terutama bagi kesehatan janin. Buah apel memiliki kandungan vitamin A, B kompleks dan C yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh dari ancaman berbagai macam penyakit.

Selain itu, buah apel terbukti mampu meredakan diare yang dialami oleh ibu hamil. Konsumsi buah apel secara rutin dan teratur dipercaya mampu menjaga berat badan tetap ideal sehingga ibu hamil terhindar dari obesitas.

Buah Anggur

Manfaat buah anggur untuk ibu hamil tidak diragukan lagi. Buah anggur memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu menangkal berbagai macam penyakit seperti kanker, tumor dan lain-lain. Buah anggur terdiri dari dua jenis, yaitu anggur merah dan angur hijau.

Dari dua jenis anggur tersebut, anggur merah adalah jenis anggur yang lebih banyak mengandung nutrisi bermanfaat untuk ibu hamil. Anggur merah memiliki kandungan senyawa resvaratol dan polifenol yang berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh dengan penambahan asupan karbohidrat dan zat besi.

Buah Cery

Ada sebuah pernyataan yang dilontarkan oleh peneliti gizi makanan bahwa kandungan nutrisi dalam buah cery itu 20 kali lipat lebih besar daripada buah apel dan jeruk.

Buah cery memiliki kandungan vitamin C, E, dan K serta mineral zat besi, mangan, kalium, tembaga, dan lain lain sehingga buah ini pantas jika dimasukkan dalam kategori makanan yang baik untuk ibu hamil.  Buah cery bermanfaat untuk anti penuaan dini, anti peradangan, melancarkan pencernaan dan penenang syaraf (obat stress).

Jambu Air

Sesuai dengan namanya, jambu air merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air sangat tinggi sehingga bermanfaat bagi ibu hamil untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Tubuh yang terasa lemas karena kekurangan sel darah putih bisa diatasi dengan mengkonsumsi jambu air, karena kandungan nutrisi dalam buah ini terbukti mampu meningkatkan kerja sel darah putih.

Buah Strawberry Baik untuk Ibu Hamil

Buah strawberry tergolong buah yang baik untuk ibu hamil karena memiliki kandungan vitamin A, C, B5, B6, Vitamin K, Omega 3, Magnesium, dan lain -lain.

Mengkonsumsi buah strawberry secara rutin terbukti mampu menyegarkan kulit dan membakar lemak tubuh yang menumpuk sehingga bisa menghindarkan ibu hamil dari kelebihan berat badan atau obesitas. Selain itu, buah strawberry juga bermanfaat untuk mencegah masalah kehamilan seperti bayi prematur dan cacat lahir.

Buah Alpukat

Buah alpukat merupakan jenis buah yang berasal dari Amerika tengah. Buah alpukat banyak mengandung vitamin B kompleks, Kalium, serta Asam Folat yang sangat diperlukanoleh janin.

Asam folat yang terkandung didalamnya sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan otak janin, sedangkan kalsium berguna untuk menguatkan tulang bayi. Buah alpukat juga bermanfaat untuk meminimalkan rasa mual saat hamil.

Buah Kurma

Buah kurma memiliki kandungan gula hingga 70%, zat besi, vitamin B, kalium, dan asam folat. Dengan kandungan tersebut, buah kurma sangat bermanfaat untuk menjaga stamina ibu hamil yang sering kali cepat lelah.

Selain itu, mengkonsumsi buah kurma secara rutin bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak bayi, mencegah kram perut serta menguatkan dinding rahim.

Itulah jawaban dari Buah apa saja yang baik untuk ibu hamil muda?. Sebenarnya masih banyak aneka macam buah yang baik untuk ibu hamil namun tidak bisa kami tulis disini karena keterbatasan kemampuan. Terima kasih atas kunjungannya…

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *