Bolehkah Ibu Hamil Makan Terong Hijau ?

  • Whatsapp

Bolehkah ibu hamil makan terong hijau ? Sebagaimana telah kita ketahui bersama terung merupakan jenis tanaman sayuran yang sangat tumbuh subur di Negara kita. Sayur yang memiliki nama ilmiah solanum melongena ini berasal dari Negara Srilangka dan akhirnya tumbuh berkembang ke negara tetangga termasuk Indonesia. Walaupun kelihatan sangat sederhana namun sayur terong mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Banyak ibu hamil yang menghindari sayur terung karena menganggapnya sebagai penyebab keputihan. Apakah kekhawatiran mereka itu sesuai dengan ilmu kesehatan ? ternyata tidak, karena keputihan yang dialami oleh perempuan itu penyebab utamanya adalah mikroorganisme, kemungkinan dikarenakan makanan sangat kecil.

Justru sebaliknya, terung ternyata banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia, tak terkecuali ibu hamil. Terung mempunyai banyak kandungan nutrisi antara lain kalsium, zat besi, mineral, serat dan lain – lain. Tak hanya kaya nutrisi, hasil olahan terung yang dimasak dengan paduan bumbu pas rasanya sangat lezat dan nikmat. Tak heran jika sekarang ini ada beberapa restaurant berkelas yang menyuguhkan masakan dengan bahan dasar terung dalam menu sajiannya.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Terong Hijau
source of pixabay

Bolehkah Ibu Hamil Makan Terung ?

Setelah membaca ulasan ringkas di atas tentu Anda sudah bisa menyimpulkan jawaban dari pertanyaan ini. Ibu hamil boleh – boleh saja makan terung karena tidak membahayakan kehamilan, justru dengan makan terung banyak kemanfaatan yang bisa didapat. Ada beberapa alasan yang mendasari bolehnya makan terung saat keadaan hamil, antara lain adalah sebagai berikut :

1. Kaya Nutrisi

Sebagaimana yang telah kami  jelaskan di atas, terung ternyata mempunyai kandungan nutrisi yang cukup banyak seperti zat besi, mineral dan kalsium. Selain itu, terung juga mengandung phyto yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Kandungan phyto bisa didapat dengan sempurna apabila terung dimasak tanpa dikupas kulitnya.

2. Melancarkan Pencernaan

Sembelit (susah buang air besar) adalah keluhan umum ibu hamil yang terjadi sejak awal masa kehamilan. Ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan berserat tinggi untuk mengatasi masalah ini. Di sinilah terung hadir dengan kandungan serta cukup banyak sehingga mampu melancarkan pencernaan bumil. Susah BAB yang dialami ibu hamil sudah seharusnya segera diatasi agar kehamilan bisa dijalani dengan nyaman hingga masa persalinan tiba.

3. Makanan Rendah Kalori

Banyak orang yang bertanya “bolehkah ibu hamil makan terung ?” itu disebabkan karena banyaknya mitos yang berkembang di masyarakat. Sebenarnya makan terung itu aman dan boleh bahkan dianjurkan, apalagi bagi mereka yang kelebihan berat badan. Terung adalah salah satu jenis sayur rendah kalori yang bermanfaat untuk membantu menjaga berat badan tubuh tetap ideal.

baca : program diet sehat ibu hamil

4. Mencegah Diabetes

Kandungan serat yang cukup banyak serta termasuk sayur rendah kalori memungkinkan sayur terung bermanfaat untuk mencegah diabetes. Kenyataannya memang demikian, hasil sebuah penelitian menyebutkan bahwa terung sangatlah cocok digunakan untuk mencegah diabetes karena banyaknya nutrisi di dalamnya.

5. Jantung Sehat

Terung yang dimasak dengan benar mempunyai peran cukup baik dalam menjaga kesehatan jantung karena sayur ini telah terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat. Sebaiknya terung jangan di goreng karena menjadikannya sebagai penyumbang lemak bagi tubuh. Lalu bagaimana cara memasak terung yang baik ? Yaitu dengan dipanggang dengan suhu 400 derajat.

6. Menjaga Kesehatan tubuh

Perlu kami informasikan bahwa ibu hamil boleh makan terung itu karena manfaatnya banyak dan aman bagi janin. Apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari terung ?

  • Jantung sehat dan peredaran darah lancar karena kandungan bioflavonoid di dalamnya
  • Mencegah darah beku karena terung banyak mengandung vitamin K
  • Mencegah kerusakan sel dengan kandungan fitonutrien
  • Menjaga daya tahan tubuh
  • Dan lain – lain

Kesimpulan :
Bolehkan ibu hamil makan terung ? jawabnya : sangat boleh. Demikian informasi yang dapat kami tulis, semoga mampu menyumbangkan kemanfaatan bagi Anda dalam menjaga kehamilan sehat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *