Bolehkah Ibu Hamil Makan Gorengan, Bahaya atau Tidak?

  • Whatsapp
bolehkah ibu hamil makan gorengan, berbahaya atau tidak
Ilustrasi makan gorengan untuk ibu hamil (sumber : pxhere.com)

Bolehkah ibu hamil makan gorengan, bahaya atau tidak ? Ada sebuah penelitian yang menghubungkan antara gorengan dan risiko diabetes gestasional. Yuk pelajari info selengkapnya disini.

Hubungan Ibu Hamil Makan Gorengan dan Risiko Diabetes Gestasional

Sebagaimana dilansir dari laman time.com, studi yang dilakukan di Diabetologia mengungkapkan ibu hamil yang banyak mengkonsumsi gorengan berisiko lebih besar terkena diabetes gestasional.

Muat Lebih

Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, peneliti melihat hasil kuisioner dari sekitar 15 ribu wanita hamil.

Peneliti menemukan ibu hamil yang makan makanan digoreng seminggu tujuh kali berisiko 88 persen lebih besar terhadap diabetes gestasional daripada makan gorengan seminggu sekali.

Sungguh di luar dugaan, ternyata risiko ini lebih mungkin terjadi jika ibu hamil mengkonsumsi gorengan dari luar rumah. Kenapa demikian? karena rumah makan atau restoran biasanya menggunakan minyak goreng secara berulang sehingga minyak mengalami oksidasi dan hidrogenasi.

Selain dari itu, proses penggorengan makanan bisa menciptakan senyawa inflamasi yang bisa menyebabkan kerusakan sel.

Berikut Makanan yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Daripada mengkonsumsi gorengan, ibu hamil lebih direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang bak untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.

Misalnya makanan yang banyak mengandung asam folat, zat besi, kalsium dan vitamin D. Suplemen kehamilan jangan sampai ketinggalan karena dapat melengkapi nutrisi janin. Beberapa makanan yang mengandung asam folat seperti buah naga, jeruk, kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Selain makanan yang mengandung asam folat, ibu hamil juga perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi. Makanan yang mengandung zat besi antara lain adalah sayuran hijau, daging tanpa lemak dan kacang-kacangan.

Vitamin D bisa didapat dari ikan salmon, telur, daging dan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sementara kalsium bisa didapat dari susu, tahu, tempe, kacang kedelai dan kacang merah. Sebaiknya terapkan pola hidup sehat dan makan makanan sehat selama menjalani kehamilan.

Ada mitos yang sering beredar, katanya ibu hamil makan gorengan bisa membuat kotoran cokelat di kepala bayi. Mitos ini tidak benar, konsumsi gorengan tidak ada kaitannya dengan kotoran cokelat di kepala.

Kesimpulannya, ibu hamil tidak perlu terlalu takut untuk mengkonsumsi gorengan namun jangan mengkonsumsi gorengan terlalu banyak karena kurang baik bagi kesehatan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *