Berenang Saat Hamil Manfaatnya Luar Biasa, Ini Aturannya Biar Aman!

  • Whatsapp

Berenang saat hamil adalah salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan. Ada banyak manfaat berenang saat hamil yang dilakukan secara rutin dan teratur, baik bagi ibu maupun pada janin.

Eitss…

Tunggu dulu, jangan berenang sembarangan karena jika dilakukan sembarangan justru bisa menyebabkan masalah kehamilan serius. Untuk itu, kali ini www.tandalagihamil.com akan menyampaikan informasi terkait manfaat renang buat ibu hamil dan aturan aman berenang saat hamil.

Berenang Saat Hamil
Ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil

Jika dilakukan dengan benar, rajin berenang bisa memberikan banyak manfaat pada ibu hamil dan janin diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Ibu hamil bisa mendapatkan tidur nyenyak

Apakah bunda sering mengalami insomnia atau susah tidur saat hamil ? Susah tidur memang sering terjadi pada ibu hamil, jadi bunda harus pandai-pandai mengatasi masalah ini.

Berenang adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah sulit tidur. Berenang bisa menstimulasi Anda untuk bisa tidur lebih nyenyak. (silakan baca : cara mengatasi susah tidur pada ibu hamil)

2. Membantu bakar kalori

Bukan rahasia lagi, berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat membakar kalori tanpa banyak mengeluarkan keringat. Berenang merupakan cara efektif untuk membakar kalori tanpa harus takut kelelahan.

3. Badan jadi energik

Saat menjalani kehamilan, banyak yang mengalami lelah, letih dan tidak bertenaga. Diduga hal tersebut terjadi karena perubahan hormonal. Berenang adalah salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengatasi masalah tersebut serta membantu membentuk otot yang dapat menguatkan kehamilan. (silakan baca : cara mengatasi mudah lelah dan ngantuk saat hamil)

4. Membantu mengurangi edema

Pembengkakan di bagian tubuh tertentu karena penumpukan cairan (edema) adalah salah satu keluhan kehamilan yang perlu diatasi. Berenang secara rutin dan teratur bisa membantu mengurangi pembengkakan akibat penumpukan cairan di dalam tubuh.

5. Mengurangi nyeri

Jangan heran jika Anda merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh saat hamil. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu mengurangi rasa nyeri tersebut adalah degan rajin berenang.

Aturan Aman Berenang Saat Hamil

Meski banyak manfaatnya namun jangan berenang sembarangan agar tidak terjadi hal tak diinginkan. Di bawah ini adalah aturan aman berenang saat hamil :

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah berenang secara perlahan kemudian dilanjutkan secara bertahap untuk beralih ke sesi yang lebih panjang.

Apabila Anda sudah merasa lelah sebaiknya jangan diteruskan karena bisa membahayakan diri sendiri. Jangan lupa untuk memilih gaya yang paling nyaman agar aktivitas berenang yang Anda lakukan benar-benar menyenangkan.

Apabila terjadi hal tak terduga seperti pendarahan, pusing dan lainnya segera hubungi tim medis untuk memeriksa kondisi kesehatan Anda. Agar tidak terjadi hal di luar dugaan, pastikan tubuh Anda selalu terhidrasi selama berenang.

Jika Anda memiliki riwayat masalah kehamilan seperti rahim lemah, persalinan dini dan keguguran sebaiknya jangan berenang terutama pada usia kehamilan trimester pertama dan terakhir.

Manfaat berenang bagi ibu hamil memang banyak namun lakukan cara aman berenang saat hamil aga rtidak sampai terjadi hal yang kurang menguntungkan. Salam

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *