Bayi Nangis Terus Tanpa Air Mata, Ini yang Harus Mom Lakukan

  • Whatsapp
bayi nangis terus tanpa air mata
Gambar ilustrasi (sumber : flickr.com)

TandaLagiHamil – Mom jangan panik saat bayi nangis terus tanpa air mata. Pada bayi yang baru lahir, hal ini terjadi karena saluran air mata belum terbentuk sempurna. Air mata bayi biasanya baru diproduksi pada usia bayi satu sampai tiga bulan.

Untuk memberitahukan perasaan seperti bosan, lapar atau ngantuk biasanya bayi memilih untuk menangis. Kondisi seperti ini biasanya semakin membaik dengan sendirinya.

Muat Lebih

Hal yang perlu mom waspadai adalah jika bayi nangis terus-terusan tanpa ada air mata. Kondisi ini kadang menandakan dehidrasi pada anak. Atau karena bayi diganggu makhluk halus.

Lakukan Ini Jika Bayi Nangis Terus

Meski bukan termasuk hal yang sangat membahayakan namun mom perlu waspada jika bayi sampai mengalami dehidrasi. Dehidrasi bisa berdampak buruk pada kesehatan si kecil.

Jika bayi menangis tanpa henti tanpa dibarengi keluarnya air mata, ini yang harus dilakukan :

Kenali Gejala Dehidrasi

Tidak hanya menangis tanpa air mata, dehidrasi pada bayi di di bawah satu tahun juga dibarengi dengan gejala lain seperti lesu, rewel, mulut kering dan frekuensi BAK (buang air kecil) berkurang.

Jika mom perhatikan, warna urine bayi menjadi gelap dan baunya tajam, tidak seperti biasanya.

Beri Banyak Minum

Jika mom masih menyusui, sering-seringlah memberi ASI kepada bayi. Jika si kecil diberi tambahan susu formula, berikan sedikit tapi sering agar tidak muntah-muntah.

Apabila bayi masih muntah meski sudah diberi susu sedikit tapi sering, sebaiknya konsultasikan ke dokter anak.

Dampingi makanan dengan air minum

Apabila bayi sudah berumur 6 bulan ke atas dan sudah mulai diberi makanan padat, dampingi makanannya dengan air minum.

Misalnya, bayi sudah diberi pisang atak kentang halus, jangan lupa untuk memberikan air minum sesudah makan.

Hubungi Dokter

Dehidrasi yang terjadi pada bayi bisa berakibat fatal untuk kesehatannya. Jika kondisi bayi tak segera membaik, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Hal ini perlu mom lakukan jika dehidrasi dibarengi dengan gangguan kesehatan lain selain nangis tanpa air mata seperti muntah dan diare.

Sebenarnya mudah sekali cara menjaga anak agar terhindar dari dehidrasi, yaitu dengan memenuhi asupan cairan. Untuk itu, pastikan si kecil cukup mendapat asupan ASI atau air putih sesuai usianya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *