Bagaimana Makan yang Baik Selama Hamil?

  • Whatsapp
makan yang baik selama hamil
Gambar ilustrasi (foto : pexels.com)

Informasi mengenai cara makan yang baik selama hamil perlu diketahui oleh setiap pasangan suami istri. Pasalnya, asupan nutrisi sangat mempengaruhi pertumbuhan janin.

Pastikan semua makanan penyebab keguguran tidak dikonsumsi. Apabila ibu hamil ngidam makanan yang membahayakan kehamilan, sebaiknya tidak usah dituruti.

Muat Lebih

Selain memilih jenis makanan yang bergizi, ibu hamil harus menerapkan pola makan sehat. Dengan demikian diharapkan kehamilan bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Makan yang Baik Selama Hamil

Bagaimana makan yang baik selama hamil? Silakan simak penjelasan di bawah ini!

1.Makan Makanan Bergizi

Hal pertama yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil adalah pemilihan jenis makanan yang bergizi. Tidak semua jenis makanan bergizi bagus untuk ibu hamil.

Bunda bisa menanyakan hal itu kepada petugas kesehatan saat periksa. Petugas kesehatan akan memberikan arahan yang jelas mengenai makanan apa saja yang bagus untuk ibu hamil.

Salah satu makanan yang baik untuk ibu hamil adalah makanan yang mengandung asam folat. Penjelasan secara rinci sudah dibahas dalam artikel : makanan yang mengandung asam folat tinggi.

2. Makan 1 Piring Lebih Banyak

Bunda membutuhkan asupan makanan yang lebih banyak daripada wanita yang tidak hamil. Untuk itu, bunda perlu mengkonsumsi makanan yang lebih banyak daripada sebelum hamil.

Sayangnya, pada usia kehamilan trimester pertama banyak yang mual dan muntah. Hal ini tentu bisa mengurangi nafsu makan. Namun jangan khawatir, bunda bisa mengatasi mual dengan tips yang telah ditulis dalam artikel : obat mual hamil muda.

3. Konsumsi Makanan Selingan

Untuk menambah tenaga, bunda perlu mengkonsumsi makanan selingan atau camilan yang sehat di pagi dan sore. Misalnya bubur kacang hijau, kolak, biskuit, kue dan lain-lain.

Camilan sehat ini sebaiknya dibuat sendiri agar lebih bebas dikreasikan. Sebaiknya jangan terlalu banyak diberi gula agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Gula memang dibutuhkan, namun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, dampak bagi janin kurang bagus.

Sebenarnya tidak ada pantangan makanan bagi ibu hamil. Namun beberapa jenis makanan sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak. Sekian, semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *