Anak Susah BAB Apa Solusinya?

  • Whatsapp
anak susah bab
Gambar ilustrasi (sumber : flickr.com)

TandaLagiHamil.Com – Anak susah BAB memang membutuhkan solusi yang tepat pasalnya sembelit yang dialami oleh anak akan itu tidak sama dengan sembelit pada orang dewasa. Orang dewasa yang mengalami susah BAB bisa dengan mudah mengkonsumsi obat pelancar BAB atau menggunakan obat khusus yang dimasukkan melalui lubang @nus.

Sebenarnya anak yang susah BAB juga bisa menggunakan obat yang dipakai oleh orang dewasa, namun orang tua harus tetap hati hati dan mengawasi anaknya, jangan sampai susah BAB yang dialaminya menjadi semakin parah gara gara salah dalam menentukan pengobatan.

Muat Lebih

Anak di bawah usia dua tahun sering kali mengalami sembelit karena berbagai macam alasan, salah satunya adalah kurang minum air putih dan mengkonsumsi makanan yang terlalu padat.

Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini kami akan menyajikan tulisan singkat mengenai tips dan solusi untuk sang buah hati yang sedang sembelit.

Langkah awal yang perlu dilakukan orang tua adalah tidak boleh panik karena panik justru membuat suasana menjadi kacau tidak karuan. Selanjutnya terapkan beberapa tips di bawah ini.

Solusi Mengatasi Anak Susah BAB

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak yang susah BAB agar segera sembuh.

Dalam mengatasi sembelit anak, Anda tidak perlu menggunakan obat kimia, kecuali jika sembelit yang dialami anak sudah cukup parah, itupun harus menggunakan resep dokter. Silakan lakukan beberapa tips berikut ini :

Suguhkan makanan berserat

Susah BAB sering kali terjadi karena anak kekurangan serat, maka dari itu suguhkan makanan dengan kandungan serat tinggi kepada sang buah hati sehingga proses pencernaan makanan berjalan dengan baik.

Makanan berserat dapat Anda jumpai pada berbagai macam jenis sayuran dan buah buahan. Salah satu buah yang bisa Anda pilih untuk memberi asupan serat kepada anak adalah buah pepaya karena kandungan seratnya sangat tinggi. Apabila anak tidak mau mengkonsumsi sayur dan buah, mungkin inilah penyebab mengapa si kecil mengalami sembelit.

Berikan tambahan cairan

Memang agak sulit mengajari anak untuk minum cukup, mereka lebih memilih ASI sebagai minuman favoritnya. Mungkin inilah penyebab mengapa anak mengalami sembelit, yaitu karena kekurangan cairan.

Maka dari itu, salah satu solusi jika anak susah BAB adalah dengan memberi tambahan asupan cairan tubuh. Agar si kecil mau diberi tambahan cairan, Anda bisa memberi jus buah jeruk atau apel, tidak harus air putih.

Segera BAB jika sudah terasa

Ketika si buah hati sudah merasa ingin BAB, segera saja turuti kemauannya, jangan ditunda tunda. Mengapa demikian ? karena BAB yang ditunda tunda bisa membuat tinja anak menjadi keras sehingga sulit untuk dikeluarkan, akibatnya anak mengalami susah BAB (buang air besar) atau sembelit.

Apabila sudah memungkinkan, ajari anak untuk BAB di toilet sendiri agar sewaktu waktu terasa ingin BAB langsung pergi ke toilet sendiri tanpa harus ditunda tunda.

Ajari anak olahraga

Semua pasti tahu apa saja manfaat yang bisa didapat oleh orang yang mau berolahraga. Tubuh bugar, pikiran fresh dan melancarkan proses pencernaan termasuk salah satu manfaat olahraga.

Maka dari itu, jangan ragu untuk mengajari anak berolahraga karena manfaatnya sungguh luar biasa. Pilihlah olahraga yang ringan saja agar si kecil tidak sampai kelelahan.

Mandi air hangat

Sebenarnya mandi air hangat bukan lah obat sembelit, namun mandi air hangat sangat efektif untuk merilekskan otot. Dengan demikian diharapkan keluhan susah BAB akan segera sembuh. Sebaiknya jangan paksa anak untuk minum obat kimia kalau dengan cara alami susah BAB sudah bisa diatasi.

Jadi, kalau anda bertanya : anak susah BAB, apa solusinya ? jawabannya sudah lengkap tertulis pada artikel di atas. Semoga anak anak kita sehat selalu dan diberi kecerdasan yang luar biasa hingga menjadi anak yang berguna di mana pun ia berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *