Agar Janin Sehat dan Normal, Jangan Pernah Mengabaikan Makanan Ini!

  • Whatsapp

Menjaga agar janin sehat dan normal adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap pasangan suami istri. Betapa tidak, kehadiran sang buah hati sangat ditunggu-tunggu karena bisa menyempurnakan kebahagiaan rumah tangganya.

Agar janin kuat, ibu hamil perlu merawat kehamilan dengan sebaik-baiknya. Makan makanan bergizi, istirahat cukup dan olahraga secara rutin perlu terus dilakukan.

Apabila ibu hamil bisa menjaga kehamilan dengan baik maka kehamilan akan berjalan lancar sampai tiba saat ya persalinan. Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kehamilan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk ibu hamil.

Agar Janin Sehat dan Normal
Ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Konsumsi Makanan Ini Agar Janin Sehat dan Normal

Agar janin dapat tumbuh berkembang dengan normal, ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan nutrisi karena nutrisi yang diserap oleh janin bersumber dari ibu. Ibu hamil hendaknya mengkonsumsi makanan sehat ibu hamil dan menghindari pantangan makanan saat hamil..

Di bawah ini adalah beberapa makanan yang perlu dikonsumsi oleh  ibu hamil agar janin sehat dan normal :

1. Telur

Telur adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan protein. Rajin mengkonsumsi telur selama hamil bermanfaat untuk menjaga janin agar tetap kuat. Setiap satu butir telur mengandung protein hingga 7 gr sehingga bagus untuk perkembangan janin.

Untuk mendapatkan manfaat telur, sebaiknya jangan makan telur dalam keadaan mentah atau setengah matang karena bisa membahayakan kehamilan. Silakan baca : telur buat ibu hamil, berbahaya atau bermanfaat ?

2. Kacang kedelai

Kacang kedelai mempunyai kandungan asam phytc, saponin dan isoflavon yang cukup banyak. Tak hanya itu, kacang kedelai juga mengandung lemak yang cukup tinggi sehingga bagus untuk perkembangan janin.

3. Kacang polong

Bukan hanya kacang kedelai, kacang polong pun cukup baik untuk ibu hamil karena memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Nutrisi lengkap yang terdapat pada kacang polong sangat baik bagi janin agar selalu sehat dan normal. (baca : manfaat kacang polong untuk ibu hamil)

4. Tahu dan tempe

Tahu dan tempe adalah hasil olahan kedelai yang termasuk makanan sehat bagi ibu hamil. Kandungan protein pada tahu dan tempe sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan janin dalam kandungan.

5. Ikan segar

Jangan ragu untuk mengkonsumsi ikan segar karena mengandung segudang nutrisi yang dibutuhkan oleh janin seperti omega 3, protein serta vitamin. Namun demikian, Anda harus hati-hati dengan ikan laut yang mengandung merkuri karena dapat membahayakan kesehatan janin.

6. Udang

Banyak yang bertanya : bolehkah ibu hamil makan udang ? Mereka bertanya seperti itu karena adanya kabar yang menyebutkan bahwa udang termasuk makanan pantangan bagi ibu hamil.

Perlu Anda ketahui bahwa udang adalah salah satu hewan laut dengan kandungan protein cukup banyak sehingga boleh dimakan ibu hamil.

Itulah beberapa makanan yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil agar janin sehat dan normal. Apakah Anda suka mengkonsumsi makanan tersebut ?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *