Agar Bayi Aktif dan Lincah Cerdas, Caranya Begini!

  • Whatsapp
agar bayi aktif dan lincah
Ilustrasi bayi aktif (sumber : pixabay.com)

Mari kita simak artikel agar bayi aktif dan lincah serta cerdas. Intinya semakin aktif dan lincah bayi maka dia akan semakin cepat belajar banyak hal alias cerdas.

Cara mendidik anak agar cerdas sejak bayi perlu diterapkan agar sang buah hati kelak benar-benar menjadi orang yang membanggakan orang tua.

Muat Lebih

Bagaimana cara agar bayi aktif dan lincah ?

Apa saja sih yang bisa dilakukan oleh orang tua agar bayi cerdas ? berikut adalah lima tips dari TandaLagiHamil.com yang bisa Anda terapkan agar anak menjadi aktif dan cerdas :

1. Bayi diberi pakaian yang membantu aktif bergerak

Umumnya masyarakat sering membungkus bayi secara berlebih sehingga bayi lambat mencapai milestone fisiknya. Coba Anda bayangkan, bayi yang masih lemah dan kecil diberi pakaian berlebihan tentu membuat dirinya susah untuk bergerak.

Jadi, agar bayi aktif dan lincah sebaiknya kenakan pakaian bayi yang sesuai kondisi. Di siang hari bayi tidak membutuhkan pakaian yang lebih tebal daripada yang dikenakan oleh orang tua. Justru bayi butuh pakaian yang tipis agar tidak kepanasan.

Pemakaian sarung tangan terlalu lama juga tidak perlu kecuali pada saat cuaca dingin. Perlu Anda ketahui bahwa mengeksplorasi wajah dan mulut merupakan kecakapan awal bayi. Untuk itu, jangan gunakan sarung tangan terlalu lama agar bayi lincah.

Namun demikian, jangan lupa untuk memotong kuku bayi agar tidak sampai melukai wajah dan anggota tubuh bayi yang lain.

2. Olahraga ringan setelah ganti popok

Olahraga kecil setiap habis ganti popok adalah rutinitas yang sangat menyenangkan bagi si kecil sekaligus dapat membantu perkembangan fisik yang cukup signifikan.

Sebelum mengganti popok, pastikan tempatnya aman dan nyaman. Usahakan mengganti popok dalam suhu yang hangat agar bayi tidak kedinginan saat posisi tidak memakai baju.

Biarkan saja bayi menggerakkan tangan serta kakinya agar bayi aktif dan lincah. Di saat dia berhenti gerak, coba goyangkan sedikit sambil bernyanyi. Kaki bayi digerakkan kecil seperti mengayuh sepeda pancal.

Apabila bayi sudah mampu menopang kepala, coba latih untuk duduk. Caranya : tarik lengan bayi secara perlahan dan lembut ke arah Anda mulai dari posisi tiduran sampai dengan duduk.

Meski kelihatan sederhana namun tips ini termasuk salah satu dari sekian cara mendidik anak agar cerdas sejak bayi. Untuk itu, jangan malas untuk melakukannya.

3. Jadikan diri Anda sebagai wahana memanjat bayi

Tubuh Anda adalah wahana yang paling baik dan menyenangkan untuk latihan memanjat bayi. Sejak lahir, bayi sering ditimang dan goyang pelan. Anda bisa mengajak main bayi dengan meletakkannya di bawah lutut dan menggerakkannya secara perlahan.

Apabila bayi sudah mampu menarik badannya, biarkan dia menyandarkan perutnya di kaki Anda. Biarkan bayi menarik-narik baju, meraba wajah dan naik ke tubuh Anda sebagai pijakan untuk melompat ke kasur.

Sebaiknya jangan batasi aktivitas ini agar bayi aktif dan lincah serta cerdas sejak masih bayi. Mengangkat tubuh bayi tinggi-tinggi di atas tubuh Anda juga baik untuk keseimbangan.

4. Tentukan tempat santai yang tepat

Biasanya bayi yang baru lahir banyak menghabiskan waktu untuk tidur. Setelah bangun tidur, dia memerlukan tempat yang nyaman untuk membantu mendukung perkembangannya.

Saat sudah bangun, sebaiknya letakkan bayi pada pangkuan Anda dalam posisi duduk. Posisi tersebut dapat membantu merangsang agar bagi aktif dan lincah.

Intinya, jangan letakkan bayi dalam kondisi tiduran datar saat dia sudah bangun. Apabila tidak ada yang memangku, Anda bisa meletakkan pada baby bouncer dan pastikan tidak ada yang menghalangi pandangannya.

Menggendong bayi dengan posisi datar juga tidak baik bagi motorik bayi. Sebaiknya gendong bagi dalam keadaan berdiri dan kepalanya bersandar pada bahu dan atau dada Anda.

5. Menimang bayi

Selain memperhatikan makanan agar bayi cerdas, Anda juga harus memperhatikan segala hal yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan serta keaktifan bayi. Gerakan mengayun dan menggoyang bayi dapat membantu perkembangan otak kecil.

Anda pasti sering merasakan tatkala bayi dalam kandungan seperti jungkir balik. Hal itu dilakukan untuk melatih otak kecilnya. Maka dari itu, setelah dia berada di luar kandungan, pastikan dia juga mendapat rangsangan yang cukup.

Mengayun, menimang atau hanya sekedar menggendong sambil jalan-jalan dapat membantu merangsang otak kecilnya. Saat anak sudah cukup besar, coba ajak dia untuk main ayunan untuk membantu merangsang perkembangan otak kecilnya.

Itulah lima tips agar bayi aktif dan lincah serta cerdas. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *