5 Persiapan Keluarga Menghadapi Persalinan

  • Whatsapp
persiapan keluarga menghadapi persalinan
Gambar ilustrasi (sumber : pxhere.com)

Untuk menghadapi persalinan, keluarga perlu persiapan jauh-jauh hari sebelumnya. Meski sudah ada HPL (Hari Perkiraan Lahir), namun kanyataannya persalinan terkadang maju atau mundur.

Tanpa persiapan, keluarga bisa bingung. Apalagi jika persalinan tidak berjalan dengan normal, tentu membuat panik bukan?

Muat Lebih

Oleh sebab itu, pada kesempatan ini TandaLagiHamil.Com akan menyampaikan informasi tentang persiapan persalinan yang harus dilakukan oleh keluarga.

Persiapan Persalinan

Persiapan keluarga untuk menghadapi persalinan hendaknya sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Jangan menunggu tanda persalinan muncul, baru persiapan.

Berikut ini adalah 5 hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi proses persalinan :

Menentukan Pilihan Dokter atau Bidan

Sejak awal kehamilan, ibu hamil dan suami supaya menentukan persalinannya ditolong bidan atau dokter. Tentukan dimana akan melakukan persalinan, apakah di Puskesmas, Polindes, Rumah bersalin, Rumah Sakit, Rumah Bidan atau di rumah sendiri.

Hal ini penting untuk dilakukan guna mempersiapkan segala hal yang terkait dengannya. Terlebih lagi jika mau persalinan di rumah, tentu perlu persiapan yang matang.

Persiapkan Biaya

Suami atau keluarga perlu mempersiapkan biaya untuk persalinan. Pasalnya, persalinan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, mulai dari biaya persalinan, kebutuhan bayi dan lainnya.

Persiapan Donor Darah

Semua orang pasti berharap persalinannya berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Namun tidak ada jeleknya mempersiapkan segala yang dibutuhkan kalau sewaktu-waktu terjadi hal di luar dugaan. Siapkan donor darah jika sewaktu-waktu dibutuhkan saat mau melahirkan.

Tanyakan HPL ke Dokter atau Bidan

Ibu dan suami hendaknya menanyakan ke dokter atau bidan tentang HPL (Hari Perkiraan Lahir). Dengan mengetahui perkiraan melahirkan, segala sesuatu yang dibutuhkan bisa segera diwujudkan.

Persiapkan Kendaraan

Bagi Anda yang punya kendaraan sendiri, hal ini tentu tidak jadi masalah. Namun bagi yang belum punya kendaraan pribadi, hal ini tidak boleh diabaikan.

Persiapkan secara matang kendaraan yang sewaktu-waktu bisa diajak ke rumah sakit. Kenapa demikian? karena persalinan terkadang terjadi di malam hari sehingga tidak gampang mencari kendaraan.

Untuk mendeteksi persalinan sudah dekat, Anda bisa melihat beberapa tanda jelang persalinan. Silakan baca penjelasan ini: tanda seminggu sebelum persalinan.

Sekian, semoga informasi singkat ini bermanfaat bagi Anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *