Hamil Muda Naik Motor Jarak Jauh, Amankah ???

  • Whatsapp
hamil muda naik motor
Ilustrasi wanita hamil muda naik motor (sumber : pixabay.com)

Amankah ibu hamil muda naik motor jarak jauh? Posisi naik motor yang aman bagi wanita hamil muda itu gimana sih? Pertanyaan tersebut sering terlontar oleh wanita yang sedang hamil muda. Lalu bagaimana jawaban yang sesuai atas pertanyaan tersebut diatas? Ketua Ikatan Bidan Indonesia Dr. Harni Koesno menjelaskan bahwa ibu yang sedang hamil muda sebaiknya tidak naik motor dulu karena guncangan serta hentakan yang terjadi ketika perjalanan dikhawatirkan bisa menimbulkan gangguan pada kehamilan dan memicu terjadinya kontraksi.

Sekarang yang jadi masalah adalah masih banyak ibu hamil yang terpaksa harus naik motor untuk mengerjakan aktivitasnya, bahkan ada yang terpaksa harus bepergian jauh dengan menggunakan motor. Apakah ada solusi untuk itu ?

Muat Lebih

Tenang saja, karena setiap ada masalah pasti ada jalan keluar, meskipun jalan keluar yang kita temukan tersebut terkadang tidak sesuai dengan harapan. Apa solusinya ?

Solusi Hamil Muda Naik Motor Agar Aman

Ibu hamil yang terpaksa harus bepergian dengan motor sebaiknya duduk dengan posisi mengangkang. Dengan posisi ini ibu hamil akan merasa lebih nyaman dan guncangan perut saat berkendara akan terasa lebih kecil. Dengan posisi ini pandangan ibu hamil saat berkendara adalah menghadap ke arah depan. Hal ini bisa membuat posisi duduk lebih stabil sebab pijakan kaki dan pegangan tangan lebih kuat dari pada ketika duduk dengan menyamping.

Ada sebagian orang yang melarang ibu hamil duduk mengangkang naik motor dengan alasan membahayakan janin yang dikandung karena bisa tertekan punggung orang orang yang menyetir. Pendapat ini ada benarnya juga, tapi alangkah baiknya kita gabungkan dua pendapat diatas menjadi sebuah solusi tepat bagi ibu hamil yang terpaksa naik motor.

Hati-hati Kalau Naik Motor Mengangkang

Itulah yang saya maksud dengan menggabungkan dua pendapat tentang solusi naik motor bagi ibu hamil. Duduk mengangkang adalah posisi duduk yang nyaman dan aman bagi Ibu hamil, namun bagaimana jika naik motornya ugal – ugalan ? Pasti perut ibu hamil akan tertekan punggung pengendara sehingga kontraksi perut mungkin terjadi. Dengan cara tersebut resiko gangguan kehamilan karena naik motor bisa teratasi. Namun, saya tetap menyarankan pada Anda supaya meminimalkan naik motor demi keselamatan janin yang sedang Anda kandung.

Bagaimana Jika Ibu Hamil Muda Naik Motor Jarak Jauh ? Amankah ??

Sebaiknya ibu hamil menghindari naik motor jarak jauh, apalagi kalau jalan yang dilewati tidak baik, ini sangat membahayakan keselamatan janin yang sedang ibu kandung. Tentu ini sangat tidak diharapkan oleh setiap ibu hamil. Apalagi kalau ini dilakukan saat hamil muda resikonya sangat besar bahkan bisa saja terjadi keguguran.

Jangan anggap sepele hal ini sebelum menyesal. Mengapa saya mengatakan seperti itu ? Karena istri saya dulu pernah saya ajak perjalanan jauh naik motor saat hamil 4 bulan. Alhasil air ketuban mengalir terus dan dokter menyarankan untuk badress (istirahat total). Bisa Anda bayangkan betapa beratnya keadaan istri saya saat itu. Pernah saat itu, istriku ingin membantu aku mencuci, namun Alhasil kebocoran air ketuban semakin parah. Setelah bertahan selama kurang lebih 5 bulan di tempat tidur, Alhamdulillah anak kami lahir dengan selamat.

Jadi, hamil muda naik motor jarak jauh itu sebaiknya dihindari. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat. Salam TandaLagiHamil.Com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *