Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Kelapa muda? Baca Ini

  • Whatsapp
bolehkah ibu hamil minum es
Gambar ilustrasi (sumber : pixabay.com)

Bolehkah ibu hamil minum es kelapa muda? Banyak orang yang beranggapan bahwa es itu tidak baik untuk ibu hamil, fakta atau mitoskah anggapan tersebut? Ternyata anggapan mereka tentang bahaya es untuk ibu hamil bukanlah mitos belaka, karena ada beberapa penjelasan dari pakar kesehatan yang mengungkap tentang efek buruk es bagi ibu hamil, apalagi es yang disertai dengan kandungan glukosa tinggi.

Es kelapa muda adalah minuman segar yang banyak disukai orang, tak terkecuali ibu hamil. Namun banyak orang yang menyatakan bahwa minum es kelapa muda tidak baik untuk ibu hamil, bahkan bisa membahayakan kesehatan kesehatan janin. Sebenarnya manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil sangat banyak, tapi es yang dicampurkan dalam air kelapa muda itulah yang membuat banyak ibu hamil merasa takut untuk mengkonsumsinya. Lalu….

Muat Lebih

Bolehkah Ibu Hamil Minum Es Kelapa Muda?

Untuk menjawab pertanyaan itu, perlu adanya sedikit penjelasan mengenai efek buruk es untuk ibu hamil. Jika ada orang yang mengatakan es berbahaya untuk ibu hamil, jangan langsung dipercaya tapi coba cari dulu bukti yang membenarkan. Berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai efek buruk mengkonsumsi es bagi ibu hamil :

1. Membuat ibu hamil mudah lelah

Minuman yang menggunakan es bisa membuat tubuh terasa mudah lelah, karena es bisa menghambat penyerapan gizi oleh tubuh, yaitu asupan karbohidrat yang telah dikonsumsinya. Sudah kita ketahui bersama, bahwa ibu hamil itu biasanya mudah lelah dan letih yang dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Ditambah dengan minum es, ibu hamil akan terasa semakin mudah lelah.

2. Ibu hamil jadi gemuk karena banyak minum es

Minum es yang berlebihan bisa membuat badan menjadi gemuk, karena minum es terutama setelah makan bisa menghambat pembakaran kalori dalam tubuh. Selain itu pembakaran lemak dalam tubuh juga terhambat karena minum es, akibatnya lemak tidak bisa terbakar dengan sempurna.

Penumpukan lemak dan kalori itulah yang akhirnya bisa membuat badan menjadi gemuk. Ibu hamil yang terlalu gemuk bukanlah hal yang bisa disepelekan, karena obesitas / kelebihan bera badan bisa mengganggu kesehatan kehamilan. Para pecinta es biasa mengatasi masalah ini dengan cara olah raga teratur.

3. Berat Badan Bayi Berlebihan

Bayi yang normal memiliki berat badan antara 2,5 kg sampai 3 kg. Jika bayi ternyata lahir dengan berat badan diatas 3 kg maka bisa dikatakan berat badan bayi berlebihan. Berat badan bayi berlebihan sebenarnya tidak membahayakan janin, namun kurang baik untuk ibu hamil.

Hal itu dikarenakan dalam proses persalinan sulit untuk lahir secara normal, sehingga banyak diantara mereka yang melahirkan bayi berberat badan tinggi dengan cara caesar. Berat badan bayi yang berlebihan itu sebenarnya bukan diakibatkan oleh es, tapi campuran gula yang umumnya ditambahkan dalam aneka jenis minuman es.

Bagaimana dengan es kelapa muda ?
Ya, tergantung…
Kalau es kelapa mudanya murni tanpa campuran gula, sedikit kemungkinan membuat berat badan bayi berlebih, tetapi kalau es kelapa mudanya dicampur dengan gula atau manisan maka besar kemungkinan bisa membuat bayi berlebihan berat badannya.

4. Diabetes ibu hamil karena banyak minum es

Terlalu banyak minum es juga bisa mengakibatkan diabetes. Hal ini disebabkan karena kandungan glukosa yang ada dalam aneka minuman es yang terlalu tinggi. Ibu hamil yang terkena diabetes bisa berdampak jelek pada janin, dan bisa mengakibatkan masalah kehamilan lain. Untuk menghindari ini, es kelapa muda bisa dibuat dengan tanpa campuran gula atau manisan.

5. Ibu Hamil mengalami Masuk Angin

Minum es bisa menyebabkan perubahan suhu tubuh secara mendadak, akibatnya bisa membuat masuk angin. Masuk angin yang dialami oleh ibu hamil perlu diwaspadai karena bisa membuat kondisi ibu hamil menjadi semakin lemes dan drop, apalagi bagi ibu hamil muda yang mengalami morning sickness (mual – mual). Tidak peduli minuman es jenis apa, resiko masuk angin akan menghantui setiap orang yang minum es, termasuk ibu hamil.

6. Haus Berlebihan

Minum es memang menyegarkan dan haus seketika akan hilang, namun jangan salah, es bukanlah penghilang rasa haus yang manjur, karena minum es justru bisa membuat rasa haus yang berlebihan, selalu ingin mengulangi minum es lagi, minum es lagi.

Mengapa bisa demikian ? karena minum es bisa membuat tubuh menjadi tidak seimbang yang diakibatkan oleh masuknya air dingin dalam tubuh sehingga tubuh bisa mengalami kekurangan cairan dengan cepat. Kekurangan cairan tubuh sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil, karena bisa membuat asupan oksigen tubuh berkurang sehingga menimbulkan banyak gangguan kesehatan.

7. Membuat Usus ibu hamil Sempit

Minum es ternyata juga berakibat buruk pada usus, yaitu bisa menyebabkan penyempitan usus. Hal ini disebabkan karena es yang dikonsumsi oleh ibu hamil bisa mengganggu penyerapan makanan dalam usus.

Suhu dingin pada air es bisa mengakibatkan pembekuan partikel makanan terutama makanan yang berminyak. Pembekuan minyak pada usus inilah yang akhirnya bisa mengakibatkan penyempitan usus.

8. Gangguan Pencernaan

Terkait dengan penyempitan usus, gangguan pencernaan pun akan terjadi. Ibu hamil yang mengalami gangguan pencernaan sangat tidak baik bagi janin, karena satu – satunya sumber kekuatan janin adalah dari nutrisi yang ada di tubuh ibu hamil. Jika pencernaan ibu hamil terganggu berarti nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak bisa dipenuhi dengan sempurna, akibatnya janin ikut terkena dampak jeleknya.

9. Pusing

Metabolisme tubuh ibu hamil bisa terganggu dengan air es yang dikonsumsinya. Sistem syaraf tidak  siap menerima perubahan suhu yang terlalu mendadak sehingga pusing tak bisa terhindarkan.

Dampak buruk yang diakibatkan karena minum es memang banyak, bahkan selain yang saya tulis diatas juga masih ada. Jadi Anda bisa menentukan sendiri apakah tetap ingin minum es selama menjalani masa kehamilan atau tidak.

Yang pasti tetap berhati – hati dalam menjaga kehamilan adalah hal terbaik yang harus dilakukan oleh ibu hamil. Konsumsi makanan sehat, olah raga ringan yang teratur dan hindari pola hidup tidak sehat, seperti merokok, minum minuman keras, memakai narkoba dan lain – lain.

Bolehkah ibu hamil minum es kelapa muda ? Silahkan Anda jawab sendiri dengan memperhatikan beberapa penjelasan diatas. Yang jelas air kelapa itu  banyak manfaatnya untuk ibu hamil, namun bisa membuat masalah bisa dikonsumsi dengan salah, misalnya dibuat minuman dengan campuran pemanis buatan dan sejenisnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *